Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Vaksinasi Covid-19 di Kotim Prioritaskan Kalangan Lansia

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 April 2021 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Program vaksinasi massal di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), hingga kini terus berjalan. Selain untuk petugas pelayanan publik, vaksinasi juga dilakukan dengan memprioritaskan kalangan lanjut usia (lansia) yang memang sangat rentan dan beresiko tinggi jika terpapar Covid-19. 

"Usia 60 tahun ke atas merupakan kalangan yang rentan terpapar Covid-19. Terlebih jika memiliki penyakit penyerta," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi, Jumat, 30 April 2021. 

Sehingga hal itulah yang membuat pemerintah daerah mengutamakan lansia untuk imunisasi Covid-19, agar imunitas tubuh mereka meningkat, dengan harapan terhindar dari paparan virus Corona. 

"Lansia termasuk kalangan yang wajib vaksin, namun dalam pelaksanaannya, tetap menyesuaikan ketersediaan vaksin yang diterima daerah ini," kata Umar. 

Dirinya juga mengingatkan bagi siapa saja yang sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19, agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Sebab antibodi manusia baru akan terbentuk 28 hari setelah vaksinasi kedua.

"Hal itu juga tidak menjamin seseorang terbebas dari paparan covid-19. Karena yang lebih penting kita menjaga diri dengan berikhtiar melaksanakan protokol kesehatan Covid-19," terang Umar. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru