Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPK Amankan Dokumen Perbankan Geledah Kantor Pengacara Maskur Husain

  • Oleh ANTARA
  • 01 Mei 2021 - 02:01 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - KPK mengamankan dokumen data perbankan dan barang elektronik dari penggeledahan dua lokasi berbeda di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Kamis 29 April 2021 yaitu kediaman dan kantor milik tersangka pengacara Maskur Husain (MH).

"Saat proses penggeledahan tersebut, ditemukan dan diamankan bukti-bukti diantaranya berbagai dokumen data perbankan dan barang elektronik yang diduga terkait dengan perkara," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 30 April 2021.

Penggeledahan dilakukan dalam penyidikan kasus dugaan suap untuk tidak menaikkan perkara ke tingkat penyidikan. Selain Maskur, penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP) dan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (MS) juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Selanjutnya bukti-bukti ini akan segera dilakukan validasi serta verifikasi untuk segera diajukan penyitaan sebagai bagian dalam berkas perkara dimaksud," katanya.

Sebelumnya dalam penyidikan kasus itu, KPK pada Rabu (28/4) juga telah menggeledah empat lokasi berbeda di Jakarta, yakni ruang kerja Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di Gedung DPR RI dan rumah dinas Azis.

Sedangkan dua lokasi lainnya, yakni apartemen dari pihak-pihak yang terkait dengan kasus tersebut. Dari empat lokasi itu, ditemukan dan diamankan bukti-bukti di antaranya berbagai dokumen dan barang yang terkait dengan kasus.

Dalam konstruksi perkara disebut pada Oktober 2020, Syahrial menemui Azis di rumah dinas Azis di Jakarta Selatan dan menyampaikan permasalahan adanya penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK di Pemkot Tanjungbalai. Azis langsung memperkenalkan Syahrial dengan Stepanus.

Dalam pertemuan tersebut, Syahrial menyampaikan permasalahan terkait penyelidikan dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai yang sedang dilakukan KPK agar tidak naik ke tahap penyidikan dan meminta agar Stepanus dapat membantu agar permasalahan penyelidikan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh KPK.

Stepanus bersama Maskur sepakat membuat komitmen dengan Syahrial terkait penyelidikan dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai untuk tidak ditindaklanjuti oleh KPK dengan menyiapkan uang Rp1,5 miliar.

Syahrial menyetujui permintaan Stepanus dan Maskur dengan mentransfer uang secara bertahap sebanyak 59 kali melalui rekening bank milik Riefka Amalia, teman Stepanus.

Berita Terbaru