Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Miliki Ragam Budaya Pedalaman dan Pesisir

  • Oleh Ramadani
  • 01 Mei 2021 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Barito Utara, Annisa Cahyawati, Sabtu 1 Mei 2021 mengatakan daerah ini memiliki pesona pariwisata yang indah serta kekayaan budaya yang beragam di antaranya kesenian tari.

Dia menambahkan, kesenian tari Barito Utara ini merupakan salah satu fokus perhatian pembangunan kebudayaan.

“Di Kabupaten Barito Utara ada banyak terdapat budaya pedalaman dan budaya pesisir yang lestari sampai saat ini. Seperti tari pesisir dengan ciri khas bernuansa Islami mulai dari kostum penari, aksesoris pendukung, syair lagu pengiring hingga penggunaan alat musik khas gendang, rebana, dan panteng,” kata Annisa Cahyawati.

Annisa menambahkan, untuk tari pedalaman dengan ciri khas unsur etnik, aksesoris unik dari alam dengan alat musik kecapi, saron, kendang, kenong, gong dan lainnya.

Dia mengatakan, terhadap pengembangan objek pemajuan kebudayaan tersebut, tarian daerah pesisir dan pedalaman perlu dilestarikan sebagai bagian dari identitas budaya daerah.

“Salah satu upaya pelestarian tarian daerah agar dapat diteruskan oleh generasi muda adalah melalui Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) yang biasanya dilaksanakan sebelum pandemi. Untuk pelaku seni tari Barito Utara, teruslah mengekspresikan pesona daerah,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru