Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Terima Program Pembuatan Tambak 1.000 Hektare

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Mei 2021 - 13:41 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kabupaten Sukamara kembali menerima program pembuatan tambak sebesar 1.000 hektare. Program presiden ini diharapkan dapat meningkatkan potensi tambak yang ada di Bumi Gawi Barinjam.

"Bapak presiden mencanangkan di 2024 Indonesia itu mengekpor udang dengan peningkatan sampai 250 persen dari saat ini, maka akan dibuatlah tambak-tambak udang baru sebesar 100 ribu hektare diseluruh Indonesia," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Senin 3 Mei 2021.

"Dalam agenda KKP seperti itu, dan alhamdulillah untuk Kabupaten Sukamara juga mendapat serpihan dari program itu dituliskan untuk wilayah kita sekitar 1.000 hektare," tambahnya.

Windu menilai 1.000 hektare tambak ini merupakan investasi yang sangat besar bagi Bumi Gawi Barinjam, sehingga potensi tambak di Kecamatan Jelai dan Kecamatan Pantai Lunci bisa dimaksimalkan.

"Kalau kita hitung nilai investasinya besar sekali, cukup besar bagi kita dan masyarakat kita, karena kalau untuk pengelolaan secara intensif 1 hektare itu perlu dana kurang lebih Rp 1,5 miliar. Nilai ini kita hitung dari tambak 5 hektar klaster nasional yang nilainya mencapai Rp 7,5 miliar," ujarnya.

Bupati menjelaskan dalam pengelolaan tambak terdapat beberapa pola, mulai dari sederhana, sederhana plus, semi intensif dan intensif.

"Jadi perbedaanya hanya pada penebaran benih saja, jadi satu meter itu mulai dari 10 ekor. Kalau yang intensif bahakan super intensif itu sampai dengan 600 ekor permeter, jadi bedanga jauh," tukasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru