Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas! Pasien Positif Covid-19 di Sampit Berkeliaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Mei 2021 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Kotawaringin Timur patut waspada. Karena ditemukan sejumlah pasien positif Covid-19 ternyata berkeliaran kemana-mana. Kalau ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin upaya pencegahan penularan penyakit tersebut yang dilakukan oleh pemerintah akan sia-sia.

Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Abdoel Harris Jakin mengatakan, waktu pihaknya melakukan sidak ke sejumlah rumah yang melaksanakan isolasi mandiri di Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Sampit, hasilnya, ia tidak menemukan warga yang melakukan isolasi tersebut. Karena sedang pergi ke Kecamatan Kota Besi. Hal itupun membuatnya kaget, karena yang bersangkutan merupakan terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Setelah saya tanya ke tetangga, katanya pagi ada saja. Dan ternyata orangnya pergi ke Kecamatan Kota Besi," ujar Jakin, Senin, 03 April 2021. 

Mendapati hal tersebut, ia kembali mencari informasi. Dan ternyata, cukup  banyak yang melakukan hal yang sama. Hal itupun menjadi perhatian pihaknya. Karena kalau terjadi terus menerus, sangat membahayakan. Dikhawatirkan malah menularkan virus tersebut kepada orang-orang yang kontak erat dengannya. 

Jakin menyampaikan hal itu harus ada trobosan yang diambil. Salah satunya paling tidak menempel stiker di hadapan rumahnya bahwa yang bersangkutan sedang melakukan isolasi mandiri. 

"Sehingga dapat menjadi perhatian bagi masyarakat. Kalau yang bersangkutan ke luar rumah, maka warga bisa melakukan protokol kesehatan, dan sementara memberi jarak agar tidak tertular," kata Jakin. 

Dirinyapun akan terus melakukan sidak ke sejumlah tempat di wilayah ini secara acak dengan waktu dan jadwal yang tidak ditentukan. 

"Ini saya lakukan, sebagai upaya agar penyebaran Covid-19 di Kotim bisa menurun. Karena trennya saat ini mengalami peningkatan," terang Jakin. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru