Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua RT dan RW Dapat Bantuan Operasional Rp 1,7 Juta di Pontianak

  • Oleh ANTARA
  • 04 Mei 2021 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Pontianak - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat memberikan bantuan operasional bagi RT/RW. Nilainya Rp 1,5 juta per tahun yang bersumber dari APBD 2021.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan bantuan operasional ini rutin diberikan setiap tahun dan berharap bantuan ini bisa bermanfaat untuk operasional perangkat RT/RW yang memberikan pelayanan kepada warganya.

"Mudah-mudahan ini bisa membantu sedikit banyak untuk operasional mereka (RT/RW)," kata Edi Rusdi Kamtono saat menyerahkan secara simbolis bantuan operasional RT/RW di aula Kantor Camat Pontianak Timur, Selasa 4 Mei 2021.

Dia menjelaskan tahun ini total penerima bantuan operasional RT/RW se-Kota Pontianak sebanyak 3.215, dengan rincian 2.635 RT dan 580 RW. Masing-masing kecamatan terdiri dari Pontianak Utara 556 RT dan 131 RW, Pontianak Barat 555 RT dan 104 RW, Pontianak Timur 405 RT dan 86 RW, Pontianak Kota 515 RT dan 120 RW, Pontianak Tenggara 190 RT dan 47 RW dan Pontianak Selatan 414 RT dan 92 RW.

"Kita berharap bantuan operasional ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kegiatan operasional RT/RW," katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Edi meminta kepada seluruh perangkat RT/RW yang hadir untuk aktif dalam menangani pandemi COVID-19 di lingkungannya.

"Peran RT/RW sangat dibutuhkan dalam menangani persoalan yang timbul akibat dampak pandemi COVID-19," ujarnya.

Hingga kini seluruh pihak berupaya semaksimal mungkin memutus mata rantai penyebaran COVID-19, termasuk pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW. "Peran RT/RW menjadi dominan di lapangan dalam menjaga dan melindungi warganya agar tidak terpapar COVID-19," katanya.

Hasmi Abdul Razak, Ketua RW 05 Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur mengaku senang dengan adanya bantuan ini. Terlebih menjelang Idul Fitri yang sudah semakin dekat.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang memang ditunggu-tunggu oleh para RT/RW," katanya.

Berita Terbaru