Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Dusun Timur Fasilitasi Pembahasan Evaluasi APBDes Perubahan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Mei 2021 - 10:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kecamatan Dusun memfasilitasi pembahasan APBDes perubahan bagi 16 desa.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan Sekretaris Daerah, Panahan Moetar, pembahasan APBDes perubahan 2021 dilakukan 4-5 Mei 2021.

Kegiatan yang dilakukan di aula kantor camat ini dihadiri kepala desa beserta perangkatnya serta dinas terkait.

Camat Dusun Timur, Ristanto Pratomo memuji perangkat desa yang cepat tanggap atau memahami materi yang disampaikan sehingga memudahkan pembahasan dan perubahan APBDes.

"Ini dampak dari seleksi perangkat desa yang dilakukan pemerintah kabupaten dan semua perangkat desa masih muda-muda dan menguasai penggunaan komputer sehingga mempercepat dan memudahkan pemerintah desa dalam bekerja," ujarnya.

Pemerintah kecamatan tetap melakukan kontrol dan pengarahan sehingga program pemerintah desa tidak tumpang tindih dengan program pemerintah kabupaten.

"Jadi nanti dinas yang akan membantu menyelaraskan, sebagai contoh program dari dinas pertanian mengarah langsung kepada kelompok tani sedangkan program pertanian pemerintah desa untuk membangun aset desa agar desa bisa mandiri," jelasnya.

Karena itu dia kembali mengingatkan kepala desa untuk menyelaraskan program pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten agar pembangunan di desa bisa berjalan optimal dan benar-benar menyentuh kehidupan masyarakat.

"Pemerintah desa juga harus memanfaatkan semaksimal mungkin sumber daya yang ada di desa seperti bahan baku untuk pembangunan kalau ada di desa tidak boleh membeli dari luar, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat desa," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru