Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jasa Raharja Serahkan Santunan Laka Kalampangan dan RTA Milono

  • Oleh Budi Yulianto
  • 05 Mei 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jasa Raharja Cabang Kalteng menyerahkan santunan terhadap ahli waris dari korban kecelakaan lalu lintas di Jalan Mahir Mahar Km 14,7 Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya. Dalam insiden yang terjadi pada Senin, 3 Mei 2021 lalu itu, dua orang yakni bapak dan anak meninggal dunia. 

Selain santunan atas kecelakaan tersebut, pihaknya juga menyerahkan santunan serupa untuk ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di Jalan RTA Milono yang mengakibatkan satu orang meninggal.

Penyerahan santunan langsung dilakukan Kepala Cabang M Iqbal Hasanuddin bersama Kasat Lantas Polresta Palangka Raya AKP Rikky Operiady. Mereka juga didampingi sejumlah petugas. 

M Iqbal menyampaikan rasa berduka cita yang mendalam kepada keluarga
korban. Menurutnya, peristiwa kecelakaan tidak terduga datangnya dan dapat menimpa siapa saja. Untuk itu, faktor kehati-hatian dan kepatuhan kepada peraturan lalu lintas menjadi hal yang sangat penting dalam upaya menghindari kecelakaan.

“Keluarga besar Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah mengucapkan turut
berduka cita yang mendalam atas musibah kecelakaan yang menimpa korban. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya
oleh Allah dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan," kata Iqbal.

Meski saat ini sedang dalam situasi pandemi COVID-19, Iqbal menegaskan bahwa pelayanan Jasa Raharja kepada masyarakat tidak berkurang dan tetap mengacu pada langkah kehati-hatian operasional atau operational prudence.

Dia menambahkan, Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat senantiasa mengedepankan transformasi digital pelayanan melalui sistem yang terintegrasi
dengan Korlantas Polri, BPJS Kesehatan, Ditjen Dukcapil dan Perbankan. Hal itu agar hak
masyarakat atas santunan Jasa Raharja dapat diterima dengan cepat dan tepat.

Untuk diketahui, dana santunan yang diterima oleh korban dan ahli waris yang mengalami kecelakaan bersumber dari pembayaran SWDKLLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) yang dibayarkan oleh masyarakat saat melakukan pembayaran pajak
kendaraan bermotor di Kantor Bersama Samsat.

Besaran santunan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor
15/PMK.010/2017 dan Nomor 16/PMK.010/2017 sebagai berikut.

Santunan meninggal dunia sebesar Rp50.000.000,-. Cacat tetap (berdasarkan prosentase tertentu) maximal Rp50.000.000,-. Biaya perawatan luka-luka (maksimal) Rp20.000.000,-.

Selain itu, juga terdapat manfaat tambaham baru yakni Penggantian Biaya P3K
(maksimal) sebesar Rp1.000.000,- dan Penggantian Biaya Ambulans (maksimal)
Rp500.000,-. 

(BUDI YULIANTO/B-7)

Berita Terbaru