Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Pertama Peniadaan Mudik, Mobilitas Pengendara di Pos Penyekatan Kalteng - Kalsel Menurun

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Mei 2021 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah telah menetapkan peniadaan mudik lebaran berlaku mulai 6 Mei - 17 Mei 2021. Pos penyekatan juga didirikan termasuk di Kalteng. Langkah tersebut diambil untuk mencegah penyebaran covid-19.

Terkait itu, di hari pertama pemberlakuan peniadaan mudik lebaran Idul Fitri 1442 H, mobilitas pengendara yang ingin melintas di Pos Penyekatan arus mudik perbatasan Kalteng - Kalsel di Jalan Trans Kalimantan Km 12,5 Kecamatan Kapuas Timur cenderung menurun.

Hal itu disampaikan Kapolsek Kapuas Timur, Iptu Eko Sutrisno bahwa untuk mobilitas pada hari pertama penyekatan arus mudik serentak, terjadi penurunan yang signifikan pada jumlah pengguna jalan yang melintas, dibanding sejak awal pendirian pos penyekatan tanggal 28 April 2021 lalu.

"Saat ini sebagian besar pengguna jalan adalah kendaraan angkutan logistik baik itu barang, makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Masyarakat bepergian di luar angkutan logistik, sangat sedikit sekali," kata Iptu Eko Sutrisno, Kamis, 6 Mei 2021.

Dia menuturkan, menurunnya pengguna jalan ini, kemungkinan karena masyarakat sudah relatif paham terkait adanya larangan mudik dan adanya kewajiban membawa surat rapid test antigen negatif Covid-19 bagi pengguna jalan dengan keperluan mendesak dan angkutan logistik.

"Sejak pos penyekatan ini berdiri pada 28 April 2021 lalu, kita sudah gencarkan sosialisasi terkait larangan mudik dan syarat masuk untuk angkutan barang. Jadi para sopir angkutan barang sebagian besar sudah paham dan sudah menyiapkan syarat masuk daerah berupa surat bebas Covid-19," jelasnya.

Selain itu, dia menyampaikan khusus hari ini, Kamis hingga pukul 14.00 WIB tadi, sudah ada 48 kendaraan yang diputar balik, karena tidak melengkapi surat keterangan bebas Covid hasil pemeriksaan antigen maupun RT-PCR. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru