Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Areal Pemakaman Kristen Dirusak, Nisan Salib Dicabut

  • Oleh Naco
  • 07 Mei 2021 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Areal pemakaman Kristen yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Km 6, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dirusak oleh orang tak dikenal. Pengrusakan itu diduga terjadi, Rabu 5 Mei 2021 malam.

Kamis, 6 Mei 2021 pagi pihak pengelola pemakaman umum ini terkejut dengan sejumlah salib kuburan ditemukan berserakan bahkan ada yang sengaja di buang di jalan depan kuburan.

"Ada 16 nisan yang dicabut tapi duanya hilang tidak tahu dibuang di mana, tadi duanya saya temukan di jalan depan sana,”kata Natalius, salah satu pengelola kuburan.

Tidak hanya itu saja, pelaku juga mengrusak lampu-lampu kuburan yang menempel di nisan salib. Lampu lentera sengaja dipecahkan dan dibuang berserakan di atas kuburan.

Kemudian juga untuk kuburan yang sudah dibuat permanen dengan beton ada yang dipecahkan keramiknya kemudian juga ada yang dikotori dengan pasir.

Salah satu kuburan tampak dibuat acak-acak, kerikil sengaja dihamburkan diatas kuburan itu. “Ini pelakunya mungkin tadi malam, karena kemarin saya melihat tidak ada kondisi seperti ini,” tegasnya.

Ketua Majelis Resort GKE Sampit, Yuprinadie menyebutkan lokasi yang dirusak itu merupakan areal pemakaman umat Kristen.

Kuburan itu diserahkan kepada yayasan untuk mengelolanya. Yuprinadie mengakui aksi pengrusakan tersebut bukan pertama kali, namun kali ini lebih sporadis dan dalam jumlah skala besar.

Sebelumnya hanya ada pencurian dan lain sebagainya. Dia memerintahkan agar pihak pengelola segera membuat laporan kepada aparat untuk ditindaklanjuti.

"Karena ini pengelolanya dibawah yayasan maka kami harap yayasan segera menindaklanjuti membuat laporan polisi," tukasnya.

Berita Terbaru