Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Viral Informasi Varian Baru Virus Corona Muncul di Kalteng, ini Kata Kepala Dinas Kesehatan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Mei 2021 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Informasi temuan varian virus Covid-19 B.1.617 di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) viral dalam beberapa hari terakhir. Varian ini diduga ditemukan dari spesimen pasien RSUD Palangka Raya.

Terkait informasi tersebut, Dinas Kesehatan Kalteng mengaku belum ada menerima laporan resmi dari terkait adanya temuan varian virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) B.1.617. 

“Saya belum mendapatkan info resmi soal ini dari Kementerian Kesehatan. Jadi tidak ada yang bisa saya sampaikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, Minggu, 9 Mei 2021.

Selain itu ia mengaku belum ada hasil temuan yang disampaikan laboratorium pusat yang pemeriksa sample spesimen terkait adanya varian baru tersebut di wilayah Kalteng.

“Yang memeriksa laboratorium pusat. Dan sampai saat ini belum disampaikan hasilnya,” tandasnya.

Isu temuan ini bermula dari adanya screnshot data Kementrian Kesehatan RI di media sosial. Data terkait update temuan kasus varian B.1.617 menunjukan tiga di antaranya berada di Kalteng.

Data tersebut menunjukan ketiga spesimen temuan tersebut berasal dari RSUD Palangka Raya, dengan dua spesimen diambil pada 19 Maret 2021, kemudian satu spesimen terakhir diambil pada 20 Maret 2021. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru