Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Temuan Loka POM Kobar pada Pengawasan Produk Pangan Selama Ramadan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Mei 2021 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam intensifikasi pengawasan selama Ramadan, Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menemukan dan mengamankan produk pangan yang ditenggarai kadaluarsa serta tidak memiliki izin edar.

Kepala Loka POM Kobar, Kodon Tarigan, Senin 10 Mei 2021 dalam tugasnya mereka melakukan intensifikasi pengawasan di Kobar, Lamandau, dan Sukamara.

"Pemeriksaan kami lakukan pada 48 sarana distribusi jelang dan selama Ramadan. Dari total sarana distribusi yang diperiksa 19 sarana distribusi dianggap memenuhi ketentuan dan 29 lainnya atau 60,42 persen tidak memenuhi ketentuan," jelasnya.

"Total temuan 2.322 pieces terdiri dari 154 item. Untuk produk makanan kadaluarsa 2.081 pieces atau 89,2 persen, pangan rusak 143 pieces atau 6,2 persen dan pangan tanpa izin edar 98 pieces atau 4,2 persen," jelasnya.

Pengawasan ini dilakukan pada berbagai sarana distribusi diantaranya distributor, suoermarket, hypermart, pasar tradisional serta penjual parsel.

"Harapannya masyarakat selaku konsumen bisa mendapatkan produk pangan yang aman konsumsi. Terlebih jelang hari besar keagamaan tentunya banyak masyarakat yang membeli produk pangan untuk digunakan sendiri maupun untuk parsel," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru