Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Box Culvert di Desa Telang Amblas, Kendaraan Roda Empat Berputar Lewat Desa Siong

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Mei 2021 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Box culvert jalan kabupaten di RT 01 Desa Telang, Kecamatan Paju Epat rusak parah atau amblas. Kondisi ini menyebabkan jalan tersebut hanya bisa dilewati sepeda motor.

Sedangkan kendaraan roda empat yang datang ke Desa Tampu Langit atau sebaliknya, harus berputar lewat Desa Siong.

Kepala Desa Telang, Murto mengungkapkan, box culvert tersebut mulai retak sejak lama, kemudian kerusakannya semakin parah karena jalan tersebut sering dilewati truk bermuatan berat.

"Karena banyak lalu lalang kendaraan yang berat lewat, jadi semakin parah," jelas Murto saat ditemui di kediamannya di Desa Telang, Senin, 10 Mei 2021.

Menurutnya angkutan berat yang sering melewati jalan tersebut yakni truk yang mengangkut tandan kosong sawit, buah sawit serta pupuk. Namun Murto enggan menuduh pihak tertentu sebagai penyebab kerusakan box culvert itu.


Selain box culvert tersebut, lanjut dia ada satu lagi jembatan jembatan kayu yang mulai mengalami longsor pada sayap jembatan.

"Kalau jembatan ini yang rusak maka akibatnya fatal karena tidak ada alternatif lain untuk akses Desa Tampu  Langit ke Desa Telang atau sebaliknya, padahal jembatan ini juga yang dilalui oleh masyarakat yang bekerja di perkebunan sawit," tambah Murto.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui dinas terkait dapat segera memperbaiki box culvert tersebut sehingga aktivitas ekonomi masyarakat kembali normal.

"Kami juga sudah menyampaikan kepada anggota DPRD Barito Timur saat melakukan reses di desa ini beberapa waktu lalu, mudah-mudahan pemerintah daerah segera memperbaiki," tandasnya. (BOLE MALO /B-7)

Berita Terbaru