Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bulog Kalteng Jamin Ketersediaan Daging Beku untuk Kebutuhan Lebaran

  • Oleh ANTARA
  • 11 Mei 2021 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Kalimantan Tengah menjamin ketersediaan daging beku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Lebaran 1442 Hijriah hingga pasca Idul Fitri 2020.

"Stok daging beku kita masih cukup banyak. Bahkan cadangan kita masih 14 ton yang kita simpan di Bulog DKI Jakarta," kata Kepala Bidang Pengadaan Operasional dan Pelayanan Publik (POP2), Bulog Divre Kalteng Akhmad Roni Anwar di Palangka Raya, Senin.

Stok daging beku yang disimpan di Jakarta itu menyangkut keterbatasan kapasitas penyimpanan daging beku di wilayah Bulog Divre Kalimantan Tengah.

"Jadi jika stok daging beku diperkirakan segera habis, maka cadangan itu segera kami datangkan. Namun berdasar hitungan stok saat ini cukup maka kita berencana datangkan stok usai Lebaran nanti," katanya.

Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat setempat tidak perlu was-was dan hendaklah berbelanja kebutuhan dengan bijak serta tidak berbelanja secara berlebihan.

Di sisi lain, pihaknya juga memastikan stok beras yang dimiliki aman sampai usai Lebaran sehingga masyarakat tak perlu was-was terjadi kelangkaan.

"Stok beras kita aman bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 4-6 bulan mendatang. Stoknya ada sekitar 4.793 ton," katanya.

Berton-ton stok beras milik perusahaan berplat merah tersebut saat ini tengah di simpan di gudang dan siap didistribusikan jika terjadi gejolak kelangkaan atau kenaikan harga beras yang tidak terkendali di pasaran.

Roni mengatakan, selain beras pihaknya juga memiliki sejumlah persediaan bahan pangan lain yang menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari.

"Sampai Kamis kemarin stok gula pasir kita memiliki ketersediaan 130 ton, minyak goreng 11.000 liter, tepung terigu 5,8 ton, daging sapi 15 ton, daging kerbau 21 ton dan daging ayam 300 kilogram," katanya.

Berbagai bahan pokok yang disediakan Badan Urusan Logistik itu dapat diperoleh masyarakat terutama di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah dengan mendatangi outlet di Kantor Bulog Divre Kalteng dan outlet di area Pasar Besar Palangka Raya.

Pusat penjualan itu masih akan beroperasi hingga H-1 Lebaran seiring dengan ditiadakannya cuti Idul Fitri 1442 Hijriah. Harga yang ditawarkan pun tetap dan tidak akan berubah meski seandainya terjadi gejolak harga di pasaran.

Bulog selaku perwakilan pemerintah pusat dalam penyediaan urusan logistik selalu siap membantu dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya penyediaan stok dan stabilitas harga bahan pangan di pasaran.

ANTARA

Berita Terbaru