Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Edukasi Berkelanjutan Agar Masyarakat Taat Bayar Pajak

  • Oleh Hendri
  • 11 Mei 2021 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha mengatakan, edukasi kepada masyarakat agar taat dalam membayar pajak sangat penting.

Ia mengatakan pembangunan nasional merupakan pembangunan yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat baik secara materiil maupun spiritual.

Demikian pula dengan pembangunan daerah, khususnya di Kota Palangka Raya, maka untuk merealisasikan tujuan tersebut sumber pendapatan daerah melalui sektor pajak harus digali.

Namun saat ini kesadaran masyarakat untuk dapat membayar pajak dinilai harus terus dimaksimalkan guna meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak, maka diperlukan penguatan edukasi.

“Selain melalui sosialisasi dan imbauan, maka edukasi penting diberikan kepada masyarakat untuk sadar bayar pajak,” katanya, Selasa 11 Mei 2021.

Menurutnya salah satu penyebab kurangnya ketaatan dalam membayar pajak lebih karena belum maksimalnya dorongan kuat yang dilakukan pemerintah untuk membangkitkan kesadaran dan kewajiban masyarakat secara individu dalam membayar pajak.

Legislator Fraksi PAN itu menuturkan untuk Pemerintah Kota Palangka Raya sudah ada upaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna meningkatkan kesadaran serta patuh dalam membayar pajak melalui berbagai program dalam mempermudah layanan.

Namun menurutnya jika kesadaran itu belum dicapai secara maksimal, maka ada baiknya diperlukan edukasi lebih mendalam terkait kewajiban membayar pajak.

“Edukasi ini bisa dilakukan melalui pertemuan di kelurahan atau kecamatan dengan mengundang unsur masyarakat, sehingga manfaat pajak tersampaikan,” tutupnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru