Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjarmasin Tiadakan Pawai Malam Takbiran

  • Oleh ANTARA
  • 12 Mei 2021 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan meniadakan gelar budaya pawai malam takbiran saat malam perayaan Idul Fitri pada 1442 Hijriah atau tahun 2021 ini.

"Tidak ada acara pawai malam takbiran tahun ini, semua di rumah saja," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Al-Haq di Banjarmasin, Selasa.

Menurut dia, pandemi COVID-19 yang penularannya masih tinggi di daerah ini hingga semua harus menghindari adanya potensi terjadi kerumunan massa, termasuk gelar pawai malam takbiran yang biasa setiap tahun sebagai budaya menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kota Banjarmasin.

Di mana kegiatan ini biasanya diikuti ribuan orang yang ditonton lebih banyak lagi.

Memang, kata Ikhsan Al-Haq, gelar pawai malam takbiran menjadi agenda pariwisata Kota Banjarmasin, hingga dibuat semeriah mungkin untuk menarik wisata.

Kegiatan ini pun biasa melibatkan banyak kelompok masyarakat dari berbagai kecamatan yang menghiasi kendaraannya dengan penuh lampu hias untuk berkeliling kota menyerukan kata takbir hari kemenangan.

"Ini jadi khazanah kebudayaan di daerah kita, tapi karena pandemi COVID-19 ini, semua harus menghindari kerumunan, maka ditetapkan tidak digelar sementara," paparnya.

Ini juga sesuai dengan surat edaran Pemerintah Kota Banjarmasin tertanggal 10 Mei tentang penutupan sementara tempat wisata, jasa wisata, jasa hiburan dan rekreasi, mal, kafe, rumah makan atau restoran serta tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan di wilayah Kota Banjarmasin.

Surat edaran ini menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 10 tahun 2021 tanggal 3 Mei 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dan mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran virus Corona tersebut.

"Moga pandemi COVID-19 ini cepat berakhir, hingga Idul Fitri akan datang dapat kita gelar lagi, sementara ini semua harus sabar," ucapnya.*

ANTARA

Berita Terbaru