Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantu Dapatkan Sertifikasi ISPO dan RSPO, PT Sepalar Yasa Kartika dan PT SSMS Tbk Tandatangani MoU Secara Virtual

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Mei 2021 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna membantu mendapatkan sertifikasi, ISPO, RSPO dan bahkan ISO, maka PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk menandatangani memorandum of understanding (Mou) dengan PT Sepalar Yasa Kartika, Selasa 11 Mei 2021.

Walau demikian penandatanganan kerja sama ini tidak dilakukan secara tatap muka, tapi secara online demi mengikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Dari kantornya, Direktur Utama PT SSMS, Tbk Vallauthan Subraminam di Kantor Pusat Citra Borneo Indah (CBI) Group, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Dirut PT Sepalar Yasa Kartika di Kabupaten Kapuas menandatangani kesepakatan tersebut.

Kepada www.borneonews.co.id Vallauthan Subraminam mengatakan kerja sama untuk membantu perusahaan lain guna mendapatkan sertifikasi yang diwajibkan pemerintah bagi perusahaan perkebunan khususnya kelapa sawit untuk menjual produk hasil kebunnya sudah yang kesekian kali dilakukannya.

"Karena PT SSMS Tbk sebagai perusahaan yang tergolong lama keberadaannya di Kobar dan sudah memiliki sertifikasi lebih dari 80 persen. Agar perusahaan perkebunan kepala sawit di Kalteng semakin berkembang maka kami wajib membantu perusahaan lainnya dalam mengurus dan mendapatkan sertifikasi bagi kebun mereka," jelasnya.

Vallauthan menjelaskan support pengurusan mendapatkan sertifikasi untuk membantu perusahaan yang masuk dalam rantai pemasok atau supply chain agar mereka bisa mendapatkan sertifikasi RSPO, ISPO hingga ISO bila diperlukan.

"Dengan nantinya memiliki sertifikasi, artinya pihak PT Sepalar Yasa Kartika sudah bisa dianggap memenuhi persyaratan dan tidak ada masalah bila dilihat dari segi kualitas dan penjualan, sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah RI dan perdagangan dunia," jelasnya.

Di tempat berbeda, Herbert Maruli Tua Pardede mengatakan karena PT SSMS,Tbk sebagai perusahaan besar yang sudah memiliki sertifikasi ISO, ISPO dan RSPO merupakan hal yang wajar bila PT. Sepalar Yasa Kartika meminta bantuan terkait bagaimana mendapatkan sertifikasi.

"Ke depan PT. Sepalar Yasa Kartika membutuhkan perbaikan manajemen mutu lingkungan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Karena PT SSMS, Tbk kami anggap lebih berpengalaman dalam mendapatkan sertifikasi yang diperlukan, maka kami meminta bantuan agar nantinya PT. Sepalar Yasa Kartika bisa mencapai standar sesuai peraturan pemerintah. Harapannya 2 tahun ini kami bisa mendapatkan sertifikasi apakah itu ISPO atau RSPO. Pastinya untuk mencapai tujuan tersebut kami bersedia mematuhi semua Policy & Criteria RSPO, ISPO, & NDPE," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru