Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Napi Lapas Narkotika Kasongan Batal Bebas Saat Terima Remisi Hari Ini, Kenapa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Mei 2021 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ada 3 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan atau LP Narkotika Kelas II A Kasongan batal menghirup udara bebas saat menerima remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Kamis, 13 Mei 2021 hari ini.

Pasalnya mereka tidak sabggup membayar denda atau subsider karena dinilai terlalu berat, sehingga ketiga napi ini pilih mengganti dengan tambahan kurungan penjara.

Ya, hari ini ada 293 warga binaan LP Narkotika Kelas II A Kasongan khusus yang beragama Islam menerima remisi khusus atau pengurangan masa tahanan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Pemberian remisi khusus ini digelar usai mereka menjalani salat Idul Fitri di masjid komplek LP Narkotika Kelas II A Kasongan.

Kepala LP Narkotika Kelas II A Kasongan, Ahmad Hardi mengatakan, pemberian remisi khusus bagi 293 warga binaan ini setelah sebelumnya mereka dinyatakan memenuhi persyaratan.

"Sebenarnya dari 293 warga binaan yang mendapatkan remisi khusus hari ini, ada tiga di antaranya yang bisa bebas langsung sekarang, tapi karena yang bersangkutan memiliki subsider atau pidana tambahan tidak sanggup bayar akhirnya mereka pilih menjalani atau diganti dengan hukuman," ujarnya.

Menurutnya, pidana tambahan bagi tiga warga binaan itu bervariasi dan minimal Rp 800 juta. Namun karena yang bersangkutan tidak sanggup membayar denda itu, akhirnya memilih untuk menjalani hukuman.

"Kalau seandainya mereka danggup membayar denda pidana tambahan itu, hari ini bisa langsung bebas, tapi mungkin karena dendanya dinilai besar sehingga mereka pilih menjakani hukuman," jelasnya.

Ahmad mengatakan usai pemberian remisi kepada 293 warga binaan, selanjutnya mereka dijamu makan yang telah disediakan petugas Lapas.

"Alhamdulillah pelaksanaan salat Id bagi warga binaan dan pegawai Lapas di masjid di lingkungan sini serta pemberian remisi khusus berjalan aman dan lancar," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru