Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Hari ke Depan Kecamatan di Barito Timur Ini Berpotensi Hujan Lebat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Mei 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dua kecamatan di Kabupaten Barito Timur berpotensi mengalami hujan lebat pada 17-18 Mei 2021.

"Yang berpotensi terjadi hujan lebat di Kecamatan Paju Epat dan Pematang Karau," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Barito Selatan, Nur Setiawan via aplikasi perpesanan, Minggu 16 Mei 2021.

Dampak dari hujan lebat ini jika wilayah tersebut merupakan daerah langganan banjir maka perlu diwaspadai terhadap potensi genangan atau banjir yang akan terjadi.

"Masyarakat yang berada dipinggiran sungai atau wilayah rawan banjir harus tetap waspada untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan," pesannya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran atau BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi megungkapkan musim kemarau tahun ini diperkirakan dimulai Juni.

"Sesuai data dari BMKG, musim kemarau di Barito Timur akan dimulai pada dasarian kedua atau 10 hari ke dua Juni 2021," katanya.

Puncak kemarau di Kecamatan Benua Lima, Dusun Timur bagian barat, Paju Epat, Dusun Tengah, Karusen Janang, Paku, Pematang Karau, Raren Batuah terjadi pada bulan Agustus, sedangkan Kecamatan Awang, Dusun Timur bagian timur dan Kecamatan Patangkep Tutui puncak kemarau terjadi pada September.

Karena itu menjelang datangnya musim kemarau BPBD Damkar akan mempersiapkan penetapan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

"Kami juga sudah mempersiapkan RAB (rencana anggaran biaya) siaga darurat karhutla dengan mempedomani prakiraan cuaca dari BMKG," ujarnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru