Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Selatan Pengelolaan BLUD RSUD Buntok Diduga Tak Sesuai SOP

  • Oleh Uriutu
  • 17 Mei 2021 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Ketua DPRD Barito Selatan, Farid Yusran menyebutkan pengelolaan BLUD RSUD Jaraga Sasameh Buntok diduga tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Hal itu diungkapkan usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan dengan Dinas Kesehatan, RSUD Jaraga Sasameh, dan Inspektorat, Senin, 17 Mei 2021.

Farid Yusran mengatakan, karena tidak sesuai aturan atau prosedur, maka terjadi kekacauan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangannya.

"Hal itu menyebabkan adanya utang dan buruknya pelayanan kepada masyarakat," kta Farid Yusran tanpa menyebutkan secara detail aturan terkait pengelolaan dana BLUD itu.

Ia menyampaikan karena permasalahan utang, vendor atau penyedia tidak lagi menyuplai obat-obatan ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok. Akibatnya, ketersediaan obat-obatan pada RSUD Jaraga Sasameh Buntok tidak ada dan terlantarnya pelayanan kepada masyarakat.

"Sudah setahun lebih RSUD ini tidak ada ketersediaan obat-obatan dan ini secara moral ini menjadi tanggungan pemerintah daerah. Akan tetapi secara keuangan saya belum mengetahui apakah diperbolehkan atau tidak pemerintah daerah bertanggungjawab terhadap utang itu," kata dia.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan hasil kesepakatan dalam RDP yang dilaksanakan ini juga, pihaknya merekomendasikan agar pengelolaan keuangan terkait dengan BLUD diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

"Karena, inikan menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan sesuai dengan Undang-Undang Dasar (UUD), masyarakat punya hak untuk sehat," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru