Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Palangka Raya Terima Kunker DPRD Tanah Laut, Ini Yang Dibahas

  • Oleh Hendri
  • 18 Mei 2021 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - DPRD Kota Palangka Raya menerima kedatangan sejumlah wakil rakyat dari DPRD Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa 18 Mei 2021.

Kunjungan itu untuk memperdalam materi mengenai Permendagri Nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu rombongan Komisi I DPRD Tanah Laut juga memperdalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2011 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Subandi mengatakan, diskusi yang terjadi dalam kegiatan kunker tersebut lebih kepada pendalaman materi terhadap penempatan deposito uang kas daerah pada bank daerah maupun nasional.

Legislatif dibantu BPKAD Kota dan Setda Bagian Hukum memberikan penjelasan bahwa sesuai UU Nomor 23/2014 tentang pemerintahan daerah, lalu PP Nomor 12/2011 dan Permendagri Nomor 77/2020 bahwa pemerintah daerah diperbolehkan untuk mendepositokan uangnya ke bank.

"Yang mereka juga tanyakan, bank mana dan kalau Pemerintah Daerah Palangka Raya, ya Bank Kalteng. Karena kas umum kita ada di sana," jelasnya saat diwawancarai awak media seusai kegiatan tersebut.

Dalam Permendagri 77/2020 juga telah dijelaskan bahwa deposito uang daerah haruslah dilakukan pada bank yang menjadi tempat diletakannya Kas Umum daerah.

Subandi menyarankan agar mereka berkonsultasi terlebih dahulu bersama Pemerintah Kabupatennya di bank mana ditempatkannya kas umum daerah, guna memilih bank untuk melakukan deposito keuangan daerah. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru