Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Berupaya Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Seusai Lebaran

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Mei 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul menyampaikan pemerintah telah berupaya dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus konfirmasi Covid-19 terutama seusai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah atau lebaran.

Salah satunya adalah larangan perjalanan dan larangan halalbihalal. Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan berbagai fasilitas kesehatan dan obat-obatan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap lonjakan kasus konfirmasi Covid-19 setelah lebaran ini.

“Supaya kita tidak membebani rumah sakit terlalu banyak, kuncinya tetap pada prokes, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas. Hanya dengan itu penularan bisa kita cegah,” jelasnya.

Kemudian, pihaknya telah menyiapkan 70 persen kapasitas ruang isolasi sebagai antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan, terkait kasus konfirmasi Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan melalui 5M, pun diharapkan diterapkan dengan disiplin oleh masyarakat, sebagai langkah pencegahan.

“Meski upaya antisipasi telah dilakukan, saya berharap hal itu tidak membuat masyarakat lengah dan abai menjaga protokol kesehatan,” sebut dia. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru