Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng: Vaksin Terbukti Efektif Meminimalisasi Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Mei 2021 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan masyarakat pentingnya vaksinasi sebagai langkah pencegahan Covid-19. Disamping juga dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Berdasarkan (hasil) kajian, efektifitasnya setelah divaksin memperkecil, paling tidak kalaupun terkena Covid-19 tidak terlalu parah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Sofia Wirda Antemas, Selasa, 18 Mei 2021.

Diharapkan seluruh masyarakat yang memenuhi syarat bisa divaksin. Vaksinasi disinyalir bisa memproteksi diri. Mendorong tubuh untuk memiliki kekebalan, dan mencegah penularan.

“Jika sudah tervaksin dia aman dan ketemu orang karena sudah divaksin tidak menularkan. Begitu juga jika ketemu orang dengan Covid-19 sudah terbentuk kekebalan (antibody),” terangnya.

Selain itu ikut vaksin juga akan menciptakan kekebalan kelompok. Mereka yang sudah divaksin akan terlindung dan secara tidak langsung melindungi kelompok rentan yang tidak bisa divaksin.

Wirda menerangkan salah satu kelompok paling rentan terhadap Covid-19 tersebut adalah kaum lanjut usia. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru