Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Vaksinasi di Kapuas Masih Berfokus Untuk Lansia dan Guru

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Mei 2021 - 13:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Program vaksinasi covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas masih berfokus pada lanjut usia (Lansia) dan guru atau tenaga kependidikan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami, mengatakan hal itu sesuai arahan Kementerian Kesehatan terkait program vaksinasi untuk masyarakat, prioritas untuk saat ini masih berfokus kepada lansia dan guru.

"Untuk cakupan vaksinasi Lansia di Kabupaten Kapuas sudah mencapai 2,47 persen dosis ke-1 dengan jumlah yang divaksin sudah 747 lansia dari jumlah sasaran sebanyak 30.191. Sedangkan untuk dosis ke-2 sudah sebanyak 552 lansia yang telah divaksin atau baru mencapai 1,83 persen," kata Tri, Jumat 21 Mei 2021.

Dia menjelaskan, saat bulan ramadan dr Tri menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dan guru tetap berjalan sesuai standar yang telah ditentukan. “Namun ada beberapa lansia yang tidak mau vaksinasi dan menunggu setelah lebaran,” ucapnya.

Ia pun mengungkapkan program vaksinasi banyak dipusatkan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas dan belum lama ini telah dilakukan secara massal untuk guru dan calon jemaah haji.


Bahkan, lanjut dia satu hari sebelum lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H, beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) masih melayani vaksinasi untuk dosis ke-2.

“Setelah lebaran pun, PKM dan RSUD juga tetap melayani vaksinasi dengan masih memprioritaskan lansia dan guru-guru,” tuturnya.

Selain itu, dia meminta kepada masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin dan tidak terpengaruh akan informasi-informasi hoax terkait vaksin. “Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputaran vaksin Covid-19, dapat mengaksesnya di s.id/infovaksin,” pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru