Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Hari, Jalan di Muara Teweh Terendam Banjir

  • Oleh Ramadani
  • 21 Mei 2021 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sejumlah jalan dan rumah warga dalam kota Muara Teweh yang berada di dataran rendah mulai terendam banjir akibat meluapnya aliran Sungai Barito setelah hujan dengan curah cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir, Jumat 21 Mei 2021.

Berdasarkan pantauan di lapangan, untuk dalam kota Muara Teweh, sejumlah rumah warga dan jalan yang berada di dataran rendah juga mulai terendam banjir seperti sebagian Jalan Imam Bonjol dan Jalan Merak serta Jalan Dahlia Gang Paraguay, Jalan Flores, Jalan Mawar dan sejumlah jalan di dataran rendah.

"Banjir sangat cepat, air menggenangi jalan Merak mulai Kamis 20 Mei 2021 kemarin, dan hari ini jalan tempat tinggal kami sudah terendam air dan saat ini air juga sudah mulai masuk kedalam rumah. Ketinggian air bisa mencapai 10-50 cm," kata Yani, warga Jalan Merak Muara Teweh, Jumat 21 Mei 2021.

Sejumlah jalan yang terdampak banjir di dalam kota Muara Teweh pada pagi Jumat masih bisa dilewati kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat. “Jalan-jalan masih bisa dilewati kendaraan,” ujarnya.

Banjir diperkirakan akan terus meluas karena sejumlah desa di wilayah Barito Utara yang merupakan kabupaten paling pedalaman di aliran Sungai Barito ini sejak Kamis 20 Mei 2021 curah hujan cukup tinggi.

"Kalau di wilayah hulu atau di Kabupaten Murung Raya banjir, maka dipastikan wilayah Kabupaten Barito Utara yang berada di wilayah hilir atau selatan akan kena dampaknya juga dilanda banjir," kata tambah Bani, warga Jalan Sengaji Hulu yang rumahnya mulai terendam banjir.

Sementara itu desa yang berada di dataran rendah di daerah ini juga mulai terendam banjir seperti di Kelurahan Jingah dan Jambu Kecamatan Teweh Baru.

Selain merendam sejumlah desa di Kecamatan Teweh Baru, banjir juga dipastikan merendam sejumlah kawasan yang berada di pinggiran Sungai Barito di antaranya Kecamatan Lahei, Teweh Tengah dan Montallat. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru