Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Tata Batas Kabupaten Barito Utara Belum Terselesaikan

  • Oleh Ramadani
  • 22 Mei 2021 - 21:51 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Barito Utara merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan serta beberapa kabupaten di Kalteng.

Namun hingga saat ini tata batas antar kabupaten yang berbatasan langsung dengan Barito Utara masih ada yang belum terselesaikan. Untuk itu pemerintah akan menyiapkan data untuk penyelesaian tata batas tersebut.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah didampingi Sekda Jainal Abidin dan Asisten I dan II, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Kominfosandi, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bagian Pemerintahan Setda melakukan rapat di Lobby Hotel Aquarius Palangka Raya, Sabtu 22 Mei 2021.

Rapat ini guna menindaklanjuti Surat Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri perihal rapat koordinasi pembahasan dan klarifikasi daerah antara Pusat dan Daerah pada Wilayah II yang akan dilaksanakan di Jakarta 24-26 Mei 2021.

Dalam rapat ini akan dibahas penyelesaian tata batas antara Kabupaten Barito Utara dengan Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Dalam rapat ini dilaporkan Sekda, Jainal Abidin pada Kamis 20 Mei 2021 Pemkab Barito Utara bersama dPemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan koordinasi dan penyiapan data untuk pelaksanaan selanjutnya terkait tata batas antar wilayah Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Tabalong.

Sekda melaporkan tata batas yang telah selesai yakni tata batas dengan Kabupaten Kapuas dan Barito Selatan.

Sementara tata batas yang belum selesai dengan Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah, Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, dan Kabupaten Paser, Kutai Barat, dan Mahakam Hulu Kalimantan Timur.

Mendengar penjelasan Sekda, Bupati Barito Utara, Nadalsyah memerintahkan kepada Asisten II, Kadis PUPR dan Bagian Pemerintahan Setda untuk mengikuti rapat di Jakarta. Hal ini terkait juga dengan tata batas antar provinsi, sehingga diperlukan koordinasi dan komunikasi yang baik.

"Komunikasikan dan koordinasikan dengan baik, agar permasalahan tata batas segera dapat diselesaikan," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru