Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diperlukan Politik Yang Sehat Dalam Menyelenggarakan Pemerintahan Berintegritas

  • Oleh Denny Saputra Octora Jaya
  • 24 Mei 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Politik sehat menjadi penentu terlaksananya pemerintahan yang berintegritas dan berkarakter sesuai amanah konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia di masa percepatan, era digitalisasi dan perdagangan bebas saat ini.

Ketua DPRD Pulang Pisau, H Ahmad Rifai, sepakat dengan hal itu, karena menurutnya calon-calon pemangku jabatan maupun pejabat eksekutif, legislatif dan yudikatif mesti memiliki kepribadian yang berlandaskan wawasan kebangsaan, berintegritas, berkarakter kepemimpinan, berideologi Pancasilais.

"Itu merupakan syarat mutlak yang mesti dimiliki oleh tiap-tiap pemimpin, untuk menjaga keutuhan NKRI dan ikut serta menyelenggarakan pemerintahan yang berdaulat dan sehat dengan mengemban amanah dari rakyat," kata H. Rifa'i, sapaan akrabnya, Senin, 24 Mei 2021.

Legislator Pulang Pisau ini melanjutkan, syarat-syarat itu jika tak dimiliki oleh seorang pemimpin, maka bisa dilihat dari beberapa kebijakan, aturan, regulasi yang dibuatnya tidak berimbang atau bisa dikatakan tidak pro rakyat, melainkan hanya memikirkan kepentingan-kepentingan pribadi dan kepentingan beberapa pihak.

"Negara kita ini merupakan negara maritim yang begitu luas dan kaya akan suku bangsa, sehingga, sifat dan sikap Kebhinekaan harus dan wajib dimiliki oleh setiap Pemimpin terutama dalam berpolitik, baik di eksekutif, legislatif dan yudikatif," tandasnya.

Menurutnya, era sekarang, para politikus rentan terjerumus dalam pusaran dinamika yang begitu polemik dan penuh daya intrik perpolitikan di setiap daerah di nusantara apabila dasar-dasar bernegara, wawasan garis-garis besar haluan negara tidak dimiliki dan menjadi akar idealis tiap pribadi atau calon pemimpin.

"Wajar kita memiliki ide-ide dan gagasan yang strategis. Namun jika hanya merugikan rakyat kita sendiri, lebih baik perkaya dulu mentalitas, visi dan misi, tujuan membangun daerah, dan pemahaman nilai-nilai budi pekerti dan budi luhur, karena sebagai warga negara yang penuh dengan cerita dan sejarah perjuangan, tidak semestinya selalu mengejar sesuatu yang instan tanpa adanya proses perjuangan. Apalagi jika ingin menjadi seorang pemimpin," ungkapnya.

Sebagai salah satu petinggi Legislatif di Pulang Pisau, dia berharap kepada pemuda millenial yang suatu saat nanti juga akan mengemban amanah dari rakyat, untuk selalu mengisi masa mudanya dengan penuh perjuangan, tanpa bermalas-malasan, mengasah kemampuan dan keterampilan, memperkuat sifat kebhinekaan, dan jangan pernah melupakan sejarah bang indonesia.

"Karena, bagaimana pun, masa-masa orang tua akan digantikan oleh para pemuda yang saat ini masih berjuang, baik itu ketika mengenyam pendidikan, maupun mengejar karirnya, agar pemerintahan Indonesia terus maju, terutama terwujudnya daerah Pulang Pisau yang kuat, berkatakter, berlandaskan kedaulatan rakyat, serta amanah," pungkasnya. (DENNY/B-7)

Berita Terbaru