Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim Siap Dukung Pemberantasan Prostitusi di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Mei 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Komando Distrik Militer (Kodim) 1017 Lamandau siap mendukung upaya pemberantasan prostitusi di daerah ini. 

Hal itu disampaikan Dandim 1017 Lamandau Letkol Inf Hafes Is Jafrin melalui Pasi Intel Lettu Inf Sumarno usai menghadiri rapat Penegakan Perda No 4 Tahun 2016 dalam rangka penanganan prostitusi terpadu di Aula Kantor Satpoldam Lamandau, Senin, 24 Mei 2021.

"Sebagai bagian dari alat negara, kami (TNI) siap mendukung upaya pemerintah daerah dalam rangka memastikan ketertiban umum," kata dia. 

Dalam rapat yang berlangsung sekitar 2 jam itu, dibahas beberapa poin penting terkait penanganan praktek prostitusi. Selama ini, sudah sering dilaksanakan ditertibkan dan pelakunya juga disanksi tindak pidana ringan di pengadilan.

"Namun kenyataannya praktik prostitusi selalu terulang lantaran sanksi hukum yang diberikan pengadilan masih sangat rendah sehingga belum ada efek jera untuk pelaku prostitusi," sebutnya. 

Dia juga mengatakan, penanganan masalah prostitusi selama ini belum terpadu atau masih sporadis, belum terbentuk tim terpadu yustisi penegak perda. Ditambah lagi adanya modus prostitusi yang mulai beralih ke sistem online menggunakan hotel, losmen atau barak sebagai tempat praktek prostitusi, menyulitkan tim penegak perda. 

Sebab itu, dalam waktu dekat akan dibentuk tim terpadu pemberantasan prostitusi sesuai Perda Lamandau. Titik-titik yang akan dipatroli akan ditentukan pada saat pelaksanaan. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru