Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa Diimbau Ikuti Ekstrakurikuler

  • Oleh Denny Saputra Octora Jaya
  • 26 Mei 2021 - 07:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Ekstrakurikuler di luar mata pelajaran wajib di sekolah dinilai penting diikuti siswa. Salah satunya ekstrakurikuler olahraga basket, yang merupakan satu dari sekian banyak olahraga populer dan digemari orang banyak.

Anggota DPRD Pulang Pisau, Yoppy Satriadi sependapat dengan hal itu. Karena menurutnya, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah merupakan hal yang wajib bagi para siswa dalam menunjang keterampilan dan mengasah bakat mereka, terutama berolahraga seperti basket.

“Semenjak angkatan saya bahkan hingga saat ini, olahraga basket sangat disukai orang-orang, apalagi ketika masa sekolah dulu,” ungkap Legislator PDIP Pulang Pisau ini, Rabu, 26 Mei 2021.

Beragam keutamaan dalam bermain basket, lanjutnya, salah satu contohnya yakni siswa mampu belajar dalam mengendalikan ragam emosional mereka ketika bermain maupun di pertandingan. Sehingga siswa menjadi pribadi yang bermental tangguh ketika suatu saat nanti menjalani kehidupan nyata sewaktu mereka lulus sekolah, baik dalam dunia pekerjaan, dunia rumah tangga dan masih banyak lagi.

“Dari beberapa bukti nyata yang saya lihat, anak remaja maupun pemuda yang aktif mengikuti ekstrakurikuler ketika mereka bersekolah, saat memasuki dunia pekerjaan, mereka begitu siap, dan mudah untuk beradaptasi dengan hal-hal yang baru mereka temukan dan jalankan, cepat untuk menjadi seorang profesional di segala bidang yang mereka tekuni, serta komunikatif terhadap sociality-nya,” tandasnya.

Berbeda hal dengan orang-orang yang tak pernah aktif di kegiatan ekstrakurikuler apapun, ketika mereka bersekolah, seringnya menurut Yoppy sapaan akrabnya, mereka menjadi sosok yang introvert, suka menyendiri, penuh misteri, tidak mudah bergaul, tidak komunikatif, dan tak mampu mengendalikan ragam emosional maupun perasaan terhadap lingkungan sekitarnya, baik itu lingkungan sekolah, lingkungan pekerjaan, bahkan lingkungan keluarganya.

“Oleh sebab itulah, mengapa ekstrakurikuler diciptakan oleh ilmuwan-ilmuwan akademisi di dunia pendidikan. Supaya bakat, keterampilan, sistem kinerja otak, berkembang secara optimal sesuai jenjang usia tumbuh kembang manusia pada umumnya. Karena, kegiatan-kegiatan positif pasti menimbulkan efek yang baik pula sesuai istilah, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” kata Yoppy.

Generasi ke generasi harus menciptakan SDM yang handal, multitalenta, siap dengan tantangan apapun, terutama ketika mereka dibutuhkan dalam keikutsertaan membangun daerahnya masing-masing, seperti mendukung pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau yang bertajuk Bumi Handep Hapakat.

“Saya berupaya dalam mendukung anak remaja pemuda pemudi di masa pendidikan mereka dan men-support sarana prasarana berolahraga dalam ekstrakulikuler, seperti memberikan rekomendasi kepada siswa siswi maupun mahasiswa berbakat, agar mendapatkan pelatihan keterampilan, beasiswa nasional maupun beasiswa daerah, sehingga terciptanya SDM Pulang Pisau yang handal dan mumpuni di segala bidang,” pungkasnya. (DENNY/B-5)

Berita Terbaru