Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gerhana Bulan Tak Terlihat di Sampit

  • Oleh Magang 2
  • 26 Mei 2021 - 22:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gerhana bulan total merah atau super blood moon tak tampak di Sampit, Kotawaringin Timur, Rabu malam 26 Mei 2021. Saat itu Kota Sampit diselimuti cuaca berawan disertai kilat.

"Sayang sekali padahal ini momentum langka hanya terjadi sekali dalam 195 tahun," kata Alfat, warga Sampit. Sejumlah sumber menyebutkan gerhana bulan total berwarna merah tergolong langka.

Sebab baru bisa terjadi beberapa puluh tahun lagi. Kalimantan Tengah menjadi salah satu daerah di Indonesia yang bisa melihat penampakan fenomena ini secara kesat mata.

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara H Asan Sampit cuaca pukul 18.00 WIB di Kotawaringin Timur berkilat.

Suhu udara berkisar 28, 5 derajat Celsius, dengan arah angin bertiup dari Timur dengan kecepatan 8 kilo meter per jam.

Meski fenomena gerhana bulan total tak tampak secara kesat mata, sebagian umat Muslim di daerah itu melaksanakan salat khusuf atau salat gerhana. Salat dilaksanakan secara berjemaah di masjid.

"Hadist menyebutkan apabila kalian melihat sebagian dari gerhana tersebut maka bersegeralah untuk berzikir, berdoa dan memohon ampunan kepada Allah," sebut Ustaz Syarifuddin, tokoh agama di Sampit. (MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru