Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama Pandemi, Rutan Tamiang Layang Tetap Penuhi Hak Warga Binaan untuk Beribadah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 Mei 2021 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Meski pandemi covid-19 belum berakhir, Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas IIB Tamiang Layang tetap berupaya memenuhi hak-hak warga binaan, salah satunya yakni beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

"Kami tetap melaksanakan sesuatu jadwal setiap agama dengan menerapkan protokol Kesehatan, kemarin selama bulan Ramadhan juga ibadah tarawih tetap kami jalankan dengan mendatangkan imam dari luar setiap malam," kata Kepala Rutan Tamiang Layang, Surya Dharma di kantornya, Kamis, 27 Mei 2021.

Dia mengungkapkan, jadwal kegiatan kerohanian untuk agama Hindu pada hari Kamis, Islam hari Rabu dan Jumat, Kristen pada hari Sabtu serta Agama Katolik pada hari Minggu.

"Untuk agama Budha kami tidak ada jadwalnya karena sampai sekarang tidak ada warga binaan beragama Budha. Sedangkan untuk rohaniawan yang mendapat tugas melayani warga binaan diatur oleh Kantor Kementerian Agama Barito Timur," lanjut dia.

Menurut Surya, pemenuhan hak beribadah juga menjadi ikhtiar Rutan dalam melakukan pembinaan warga binaan agar kelak menjadi pribadi yang lebih baik.


"Kita berharap dengan kegiatan seperti ini mereka dibekali dengan nilai-nilai agama yang baik sehingga ketika nanti kembali ke masyarakat mereka tidak mengulangi kesalahannya serta berperilaku lebih baik," tandasnya.

Rutan Tamiang Layang saat ini memiliki warga binaan sebanyak 207 orang dengan rincian beragama Islam 144 orang, Kristen 49 orang, Katolik 11 orang dan Agama Hindu 3 orang. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru