Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi Ikan Tangkap di Kalteng Lampaui Target

  • Oleh ANTARA
  • 27 Mei 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Meski masih dilanda pandemi COVID-19 namun produksi ikan tangkap di Provinsi Kalimantan Tengah tetap menunjukkan tren positif yakni berupa peningkatan.

"Kami serta para nelayan maupun pelaku usaha di bidang perikanan tetap bekerja keras walaupun pandemi masih melanda," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng, Darliansjah, Kamis 27 Mei 2021.

Hal ini sesuai instruksi dan arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran agar pembangunan tetap dioptimalkan sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya yakni melalui bidang perikanan.

Berdasarkan data, total produksi perikanan tangkap pada 2020 mencapai 153 ribu ton lebih, capaian ini berhasil melampaui target indikator kinerja yakni 131 ribu ton lebih.

"Produksi perikanan tangkap ini terdiri dari perairan umum daratan (PUD) serta laut yang dihimpun dari kabupaten dan kota di wilayah Kalteng," jelasnya.

Pada semester satu, capaian terbanyak untuk PUD yakni di Seruyan 2.900 ton lebih, sedangkan semester dua di Kapuas dengan 5.439 ton lebih.

Sementara untuk laut, pada semester satu terbanyak yakni Kotawaringin Timur sebanyak 12 ribu ton lebih diikuti Kotawaringin Barat 10 ribu ton lebih.

Hal yang sama juga terjadi pada semester dua, yakni Kotawaringin Timur terbanyak dengan capaian 14 ribu ton lebih, serta diikuti Kotawaringin Barat dengan capaian 12 ribu ton lebih.

Darliansjah menjelaskan, dalam rangka mendukung pembangunan pada sektor perikanan, pihaknya juga terus memperkuat keberadaan dari Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas).

Salah satunya dengan pemberian hibah alat komunikasi kepada lima Pokmaswas di wilayah Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat.

Berita Terbaru