Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jasdam XII/Tanjungpura Rutin Bersepeda Jaga Kebugaran

  • Oleh Hendri
  • 28 Mei 2021 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jasmani Kodam (Jasdam) XII/Tanjungpura menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan personel. Terkait itu, Jasdam rutin menyelenggarakan olahraga bersama.

Salah satunya adalah dengan rutin menggelar gowes bareng. Kegiatan ini diwadahi langsung oleh Tanjungpura Cycling Club (TCC).

Dalam gowes yang dipimpin langsung Kajasdam, Kolonel Inf Rudi A Rachman. Ia menjelaskan, kadang kala rute gowes anggota TCC menerabas wilayah yang cukup ekstrem.

“Pernah menggunakan Mountain Bike (MTB) atau sepeda gunung, kami menjelajahi wilayah perkebunan sawit. Namun, sering juga keliling jalanan Kota Pontianak dengan sepeda balap,” kata dia, Jumat, 28 Mei 2021.

Kajasdam menjelaskan, Gowes TCC selalu diawali dengan pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan senam pemanasan yang diikuti seluruh peserta gowes.

“Kadang kala, rata-rata fun bike menempuh jarak kurang lebih 30 Kilometer. Pangdam XII Tanjungpura juga selalu tampil terdepan diikuti para goweser, yang tampak menikmati suasana dan rute yang dilalui. Tak jarang, pucuk pimpinan di Kodam XII/Tpr ini juga menyapa masyarakat yang ditemui di sepanjang rute gowes,” kata Rudi.

Selain rutin gowes dengan jadwal seminggu tiga kali, gowes yang dilakukan juga untuk mengisi waktu libur sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

“Kaitannya dengan situasi saat ini dimana masih berlangsung pandemi. Jadi bersepeda sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh yang sangat penting untuk dijaga di saat-saat seperti ini agar tidak mudah terserang virus dan penyakit,” ujarnya.

Selain itu, fun bike dan gowes bersama juga sebagai sarana membangun silaturahmi dan hubungan emosional di antara sesama prajurit Kodam Tanjungpura.

“Dengan silaturahmi yang selalu terjaga akan terbangun hubungan emosional dan jiwa korsa, yang tentunya akan membantu dalam pelaksanaan tugas pokok di satuan,” kata dia.

“Dengan rajin berolahraga sepeda, bisa mencetak prestasi dan melahirkan atlet prestasi balap sepeda Kalbar," pungkas dia. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru