Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri PUPR Ingin Manfaatkan Jaringan 5G untuk Sektor Infrastruktur

  • Oleh ANTARA
  • 29 Mei 2021 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono ingin memanfaatkan teknologi IT jaringan Internet 5G untuk konstruksi, operasional dan pemeliharaan infrastruktur.

"Kalau di sektor infrastruktur, kami ingin memanfaatkan teknologi IT bagi selama proyek konstruksi, operasional dan pemeliharaan infrastruktur," ujar Menteri Basuki di Depok, Jawa Barat, Jumat.

Menteri PUPR mengatakan, dalam konstruksi infrastruktur Kementerian PUPR menggunakan teknologi IT seperti teknologi Building Information Modelling (BIM) yang digabungkan dengan GPS.

Sedangkan untuk operasi dan pemeliharaan infrastruktur seperti jembatan-jembatan panjang harus ada sistem monitoring kesehatan struktur atau Structural Health Monitoring System (SHMS) yang harus seketika atau real time. Dalam hal ini Kementerian PUPR akan menggunakan jaringan 5G.

Sebelumnya Telkomsel telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G dengan mengusung tema “5G: Unlock the Future”.



Selain menegaskan posisinya sebagai operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia, melalui peluncuran ini Telkomsel juga memastikan layanan 5G sudah dapat digunakan

Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru yang mampu mentransformasi kehidupan dan mengimplementasikan keunggulan jaringan 5G untuk lebih mendorong pertumbuhan konektivitas digital, platform digital, dan jasa digital di Indonesia serta pengembangan solusi teknologi masa depan seperti kecerdasan buatan, cloud computing, dan Internet of Things.

Selain itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain, melalui solusi yang dapat memungkinkan cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi. membuat produktivitas yang lebih tinggi dan inovasi yang lebih besar.

ANTARA

Berita Terbaru