Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Berharap Sosialisasi Bahaya Karhutla Dilakukan Berjenjang Sampai Tingkat RT

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Juni 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengharapkan kepada petugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalteng agar melakukan sosialisasi bahaya Karhutla ke masyarakat secara berjenjang sampai tingkat Rukun Tetangga (RT).

Fahrizal mengatakan, sosialisasi mengenai hal tersebut harus dilaksanakan secara terus menerus. "Sekarang kita sudah memasuki musim kemarau, meski tidak menutup kemungkinan masih terjadi hujan di beberapa wilayah namun upaya pencegahan karhutla harus tetap berjalan," ucapnya, Selasa, 1 Juni 2021.

Selain itu, patroli secara masif ke daerah-daerah rawan Karhutla juga perlu dilakukan. Hal ini juga salah satu upaya dalam meminimalisir atau pencegahan terjadinya Karhutla.

Dia menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin pada tahap akhir adalah penegakan hukum bagi masyarakat yang melanggar (membakar hutan).

Sebab, sesuai perintah dari Presiden RI jika ada pelaku pembakaran hutan, akan ditindak hukum pidana, berupa sanksi kurungan atau denda.

"Hal ini yang perlu kita cegah bersama. Jangan sampai ada masyarakat yang terkena sanksi akibat tidak mengetahui aturan. Maka dari itu, sosialisasi tetap harus dijalankan," tutupnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru