Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KNPI Kotim Diminta Kembangkan Pertanian Porang untuk Pendapatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Juni 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diminta agar mengembangkan kebun pertanian porang sebagai pendapatan bagi organisasi kepemudaan tersebut. 

"Saya minta agar KNPI jangan hanya berharap bantuan dari pemerintah daerah saja. Namun harus miliki lahan pertanian yang bisa dikembangkan untuk pendapatan," ujar Bupati Kotim, Halikinnor, Rabu, 2 Juni 2021. 

Hal tersebut diungkapkannya pada saat membuka musyawarah dewan pengurus kecamatan (Muscam) KNPI Kotim secara virtual. Dirinya mengungkapkan bahwa pemerintah daerah tengah berupaya untuk mengembangkan pertanian porang. 

Karena tanaman tersebut dianggap sangat menguntungkan, dengan harga jual yang tinggi, dan pemeliharaannya tidak terlalu membutuhkan ketelatenan ekstra. 

"Sehingga, saya minta paling tidak dalam 1 kecamatan KNPI memiliki 1 hektare atau 2 hektare lahan. Sedangkan KNPI Kotim sendiri setidaknya punya 10 hektare lahan yang bisa dikembangkan untuk menanam porang tersebut," kata Halikinnor. 

Hasilnya tentu untuk pemasukan organisasi tersebut. Sehingga, program akan mudah dijalankan, dengan biaya besar yang masuk ke KNPI. 

"Porang itu dalam 1 hektare periode 1 tahun, bisa menghasilkan Rp 1 miliar lebih.  Sehingga bisa menjadi masukan bagi KNPI sendiri," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru