Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2.338 Pelajar SMK di Kotim Terima Kelulusan

  • Oleh Magang 2
  • 03 Juni 2021 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit -  Sebanyak 2.338 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kotawaringin Timur, menerima pengumuman kelulusan, Rabu, 3 Juni 2021. Ada sebanyak 24 SMK di daerah itu terdiri dari 15 sekolah negeri dan 9 sekolah swasta.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Penyelenggaraan Tugas Pembantuan untuk SMA dan SMK Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur (Disdik Kotim) Asyari  mengatakan pengumuman kelulusan dilaksanakan oleh masing-masing sekolah. Mekanismenya pengumumannya pun diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah.

”Semua kami percayakan ke pihak sekolah baik waktu dan mekanismenya,” ujar Asyari.

Dijelaskannya berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 tahun 2021, ujian nasional yang kini ditiadakan. Sebagai syarat pun harus dipenuhi peserta didik agar dapat dinyatakan lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

”Di antaranya yakni; harus menyelesaikan pembelajaran dibuktikan dengan rapor tiap semester, mendapat nilai sikap atau perilaku minimal baik (B), dan mengikuti ujian yang dilaksanakan satuan pendidikan,” jelas Asyari.

Asyari belum bisa menyebutkan presentasi kelulusan siswa SMK di Kotim secara keseluruhan. Namun dia berharap, lulusan SMK dapat menciptakan sumber daya manusia yang mandiri. Selain itu bisa menyesuaikan diri, baik di dunia usaha maupun dunia kerja.

Pantauan borneonews.co.id tingkat kelulusan di Kotim cukup baik. Salah satunya, sepertinya terpantau di SMK Negeri 1 Sampit. Persentase kelulusan sekolah yang beralamat di Jalan Gunung Kerinci itu, mencapai 99 persen.

 ”Jumlah peserta kami 401 orang, yang 1 persen itu dinyatakan tidak lulus di antaranya 2 orang berhenti dan tidak mengikuti ujian, 1 orang meninggal dunia, dan 1 orang tidak menenuhi kriteria capaian,” jelas Kepala SMK Negeri 1 Sampit Lismiyani.

Adapun pengumuman kelulusan di SMK Negeri 1 dilaksanakan secara dalam jaringan. Siswa dapat mengakses pengumuman kelulusan dengan mengakses halaman web, dengan memasukan nomor induk siswa dan kata sandi, pada jam yang ditentukan sekolah.

 ”Siswa dapat mengetahui kelulusannya tanpa harus berkumpul. Kita harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan ini,” pungkas Lismiyani.(MAGANG 2/B-5)

Berita Terbaru