Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mobil Uji KIR Keliling Diperlukan untuk ini

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Juni 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Marjuki, mengungkapkan bahwa saat ini sangat diperlukan mobil uji KIR keliling, demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Sehingga, pihaknya mendorong Dinas Perhubungan melakukan pengadaan mobil tersebut. Agar dapat dimanfaatkan untuk pengujian kendaraan dimanapun, tanpa harus ke Kantor Dinas Perhubungan. 

"Hal itu tentunya dapat meningkatkan PAD. Karena PAD dari uji KIR kendaraan cukup tinggi, yakni Rp1,5 miliar. Sehingga jika dilakukan jemput bola, maka akan menambah pendapatan tersebut," ujar Marjuki, Kamis, 03 Juni 2021. 

Saat ini, PAD Kotim belum maksimal didapatkan. Hal itu terlihat karena masih belum bisa memenuhi kebutuhan pembangunan di daerah ini. Sehingga, sangat perlu trobosan untuk meningkatkannya. 

Sementara, salah penghasil PAD terbesar yakni Dinas Perhubungan, yaitu sekitar Rp 4 miliar lebih. Dan Rp 1,5 miliar didapat dari uji KIR kendaraan. Sehingga, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kadishub Kotim Siagano terkait hal tersebut. 

"Kami mendorong agar alat KIR kendaraan ditingkatkan lagi. Sehingga bisa melayani lebih cepat," kata Marjuki. 

Saat ini, uji KIR memakan waktu hingga 20 menit dalam satu buah kendaraan. Sehingga, jika nantinya alat lebih memadai, paling tidak bisa memangkas waktu hingga 10 menit dalam satu kendaraan. Sehingga, tidak ada antrian, dan akan meningkatkan pendapatan. 

"Biasanya antrian hingga 50 mobil. Sehingga kalau pelayanan cepat, maka PAD yang didapatkan juga lebih besar. Bahkan hitung-hitungan kami dari sektor tersebut bisa mendapatkan Rp 5 miliar," terang Marjuki. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru