Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angkutan Batubara Kembali Marak Melintas Jalan Protokol di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Juni 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Angkutan batubara kembali marak melintasi jalan protokol di kabupaten Barito Timur pada malam hari.

Hasil pantauan Borneonews dalam tiga hari terakhir, truk-truk pengangkut emas hitam tersebut mulai melewati pusat kota Tamiang Layang sekitar pukul 19.00 WIB saat aktivitas masyarakat pengguna jalan masih ramai.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Soritua saat dimintai penjelasan terkait izin angkutan batubara melintasi jalan protokol, mengungkapkan bahwa dinas perhubungan kabupaten tidak memiliki kewenangan untuk mengeluarkan izin melintas maupun kewenangan untuk menertibkan.

"Tadi malam ada saya lihat, tapi saya tidak tahu itu. Untuk kewenangannya saya tidak tahu, kalau untuk angkutan truknya itu tidak ada ijin (dari dinas perhubungan kabupaten)," kata Soritua di kantornya, Senin, 7 Juni 2021.

Menurutnya, undang-undang lama memang memperbolehkan dinas perhubungan kabupaten untuk menertibkan angkutan seperti itu namun undang-undang tersebut sudah dicabut.

"Jadi untuk angkutan batubara selama ini tidak ada koordinasi (dengan kami), kewenangan kami nanti juga hanya di pengujian kendaraan bermotor saja," kata Soritua.

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas yang dihubungi terpisah melalui aplikasi perpesanan menyampaikan hal senada, menurutnya pemerintah kabupaten tidak memiliki kewenangan mengeluarkan izin angkutan batubara melintasi jalan protokol.

"Kalau pertambangan tidak kewenangan daerah, termasuk batubara, kalau jalan negara kewenangan pusat atau balai bina marga," kata Ampera. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru