Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kapuas Rapat Bersama Eksekutif Bahas Rancangan Awal Perubahan RPJMD 2018-2023

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Juni 2021 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran DPRD Kapuas menggelar rapat dengan eksekutif untuk membahas kesepakatan rancangan awal perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 - 2023.

Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kapuas, Yohanes diikuti sejumlah anggota dewan, dan dihadiri Sekda Kapuas, Septedy, dan sejumlah kepala SOPD, Selasa 8 Juni 2021.

"Hari ini kami melanjutkan rapat yang sudah dibuka ketua DPRD. Saya melanjutkan tadi mendengarkan pemaparan dari Sekda dan jajarannya terutama pemaparan dari Bappeda terkait rencana awal perubahan RPJMD Kapuas 2018-2023," kata Yohanes disela rapat.

Dia menuturlan sesuai yang dipaparkan Sekda dan timnya kenapa RPJMD ini harus berubah, adalah satunya karena kebijakan dari pusat dan adanya pandemi atau bencana non alam.

"Karena sasaran pembangunan yang tertuang di RPJMD itu sasarannya itu sudah meleset karena refocusing anggaran, daya beli turun, dan pertumbuhan ekonomi juga terhambat, dan itu rata-rata hampir semua kabupaten di provinsi melakukan juga," ucapnya.

Karena bencana covid-19 mempengaruhi seluruh sendi kehidupan dampaknya dan sudah dua tahun terjadi refocusing anggaran yang sudah direncanakan ada perubahan anggaran untuk penanganan pandemi.

"Untuk keputusannya nanti diputuskan pada saat paripurna apakah disetujui rencana awal perubahan oleh dewan atau tidak. Karena memang setelah melakukan konsul di Mendagri memang tahun ini harus ada perubahan RPJMD karena ini dasar kita menanggarkan kebijakan," jelas Politisi PDI Perjuangan ini. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru