Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kota Sampit Alami Inflasi

  • Oleh Magang 2
  • 08 Juni 2021 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kota Sampit, Kotawaringin Timur mengalami peningkatan harga atau inflasi pada Mei 2021. Salah satu yang memiliki andil terbesar dalam peningkatan harga adalah kenaikan pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kotawaringin Timur, Eddy Surahman mengatakan inflasi di Sampit sebesar 0,40 persen. Ini hasil pemantuan pihak BPS terhadap sejumlah komoditas di dua pasar di Kota Sampit, yakni Pusat Perbelanjaan Mentaya dan Pasar Keramat.

Inflasi ditunjukkan oleh peningkatan  indeks harga pada 8 kelompok pengeluaran. Di antaranya kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,85 persen.

Kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,50 persen. Kelompok pakaian dan alas kaki  0,34 persen.

Sementara pada kelompok rekreasi, olahraga dan budaya  ada kenaikan 0,28 persen. Untuk kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,27 persen.

Kelompok penyediaan makanan dan minuman 0,25 persen. Serta pada kelompok kesehatan dan kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,01 persen.

Inflasi ini terjadi karena pada Mei ada Idulfitri dan Waisak. Permintaan masyarakat terhadap sejumlah komoditas meningkat demikian dengan daya belinya, sehingga menyebabkan kenaikan terhadap sejumlah kelompok pengeluaran.

Namun inflasi ini dinilai masih normal. ”Itu normal, berarti sudah ada pergerakan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.(MAGANG 2/B-6)

Berita Terbaru