Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Dapat Dukungan dari Kementan RI untuk Kembangkan Porang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Juni 2021 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mendapatkan dukungan dari Kementrian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI), dalam mengembangkan pertanian porang di daerah ini. 

"Alhamdulilah dapat dukungan dari Kementan, dengan mengembangkan 1.000 hektare lahan untuk tanaman porang," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Selasa, 8 Juni 2021. 

Saat ini, Pemerintah Kotim tengah gencar meningkatkan budidaya porang di tengah masyarakat karena dianggap mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar, bahkan dalam 1 hektare bisa mencapai Rp 600 juta. 

Dinas Pertanian Kotim sendiri telah bertemu dengan pihak Kementan untuk mendapatkan bantuan pengembangan tanaman umbi porang tersebut. Hasilnya, mendapat respon baik oleh pihak kementrian dan menilai potensi tersebut sangat bagus. 

"Pihaknya akan melakukan MoU dengan Kementan, dalam membangun 1.000 hektar kebun porang. Melalui dana sharing antara Kementan dan APBD Kotim," terang Halikinnor. 

Didukungnya Kotim untuk budidaya porang tersebut, karena pengembangan tanaman porang di Pulau Jawa terkendala keterbatasan lahan. Karenanya, kementerian mendorong pengembangan porang di luar Pulau Jawa. 

Lokasi pengembangan tanaman porang akan tersebar di wilayah Tengah dan Utara Kotim, sedangkan wilayah Selatan dikhususkan untuk pertanian, terutama padi. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru