Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terdakwa Kekerasan Seksual Anak Bawah Umur Dilepas karena Masa Tahanan Habis

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Juni 2021 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - WM (20), terdakwa kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur asal Kabupaten Barito Timur dilepaskan setelah menjalani tahanan selama 1 tahun 8 hari.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, FS Simanjuntak menjelaskan, pihaknya harus melepaskan WM dari tahanan karena masa tahanan mahkamah agung telah habis dan belum ada keputusan terkait kasus hukum yang dihadapinya.

"Sampai masa tahanannya habis, kami belum mendapatkan petikan keputusan dari mahkamah agung sehingga kami harus melepaskan demi hukum," kata Simanjuntak di Tamiang Layang, Selasa, 8 Juni 2021.

Sedangkan di setiap tingkat pengadilan, WM sudah menjalani masa tahanan yang mencapai total lebih dari satu tahun.

Humas Pengadilan Negeri Kelas II Tamiang Layang, Arief Heriyogi juga membenarkan bahwa masa tahanan mahkamah agung bagi WM telah habis. Sehingga, harus dikeluarkan dari tahanan.

"WM dikeluarkan karena masa tahanannya habis, bukan karena divonis bebas. Jadi, dia belum bebas dari hukum karena belum ada putusan mahkamah agung," ujar Arief.

Dia menegaskan, perkara WM masih dalam proses pemeriksaan di tingkat kasasi mahkamah agung. Diketahui, sebelumnya, WM divonis 5 tahun 3 bulan di Pengadilan Negeri Tamiang Layang. Jaksa yang tidak puas dengan putusan hakim, kemudian mengajukan banding di pengadilan tinggi. Tapi di pengadilan tinggi, hakim menguatkan vonis pengadilan negeri sehingga jaksa kembali mengajukan kasasi ke mahkamah agung.

"Mohon dimaklumi mungkin karena banyak perkara yang masuk di mahkamah agung sehingga masa penahanannya habis sebelum ada keputusan dari mahkamah agung," imbuh Arief.

Menurutnya, karena proses hukumnya tetap berjalan, maka nanti bisa saja putusan mahkamah lebih berat atau lebih ringan dari putusan pengadilan tinggi atau juga kembali menguatkan putusan pengadilan tinggi.

WM yang diwawancarai di luar tahanan mengaku bahwa dia dilaporkan ke polisi karena dituduh menghamili gadis berumur 17 tahun. Namun, dia membantah telah menghamili gadis yang merupakan mantan pacarnya tersebut.

"Kami sudah putus 6 bulan saat saya dilaporkan, sedangkan baru hamil 3 bulan," ungkapnya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru