Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadin Siapkan Pelaksanaan Vaksinasi untuk Asosiasi Bisnis

  • Oleh ANTARA
  • 09 Juni 2021 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerja sama dengan manajemen Mal Kota Kasablanka (Kokas) menyiapkan pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan asosiasi bisnis guna mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok sebagai upaya penanggulangan COVID-19.

"Tujuan program ini untuk membantu pemerintah dalam mempercepat capaian minimal jumlah populasi yang tervaksinasi, untuk dapat mencapai herd immunity," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Dia menuturkan dengan vaksinasi bagi asosiasi bisnis anggota Kadin juga diharapkan dapat memberikan rasa aman dalam menunjang aktivitas sehari-hari sehingga pada akhirnya setiap elemen di asosiasi dapat beraktivitas normal.

Rosan juga mengungkapkan target peserta Asosiasi Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin, terutama diprioritaskan UMKM yang berada di asosiasi dan pengurus serta anggota asosiasi.

"Rata-rata peserta mencapai 100 orang per asosiasi, sehingga jumlah sasaran vaksinasi sekitar 15.000 orang," ungkap Rosan.

Dia menjelaskan karena ditujukan untuk asosiasi, maka syarat kepesertaan vaksinasi harus merupakan pengurus dan anggota asosiasi serta UMKM sebagai garda depan para pelaku usaha.

Ia memaparkan orang yang mau ikut harus mendaftar di asosiasi serta pihak asosiasi yang menentukan siapa saja yang dapat diikutsertakan dalam program tersebut.

Dia pun menerangkan bahwa program vaksin bagi asosiasi ini berbeda dengan program vaksin gotong royong.

Vaksin bagi asosiasi ini merupakan bagian dari program pemerintah, sementara vaksin gotong royong sasarannya adalah badan usaha swasta yang berminat melakukan vaksinasi mandiri untuk karyawannya atau dengan keluarga karyawannya.

"Vaksin yang digunakan untuk program vaksin gotong royong pun berbeda dan dipastikan di luar dari vaksin gratis yang digunakan pemerintah," ucapnya.

Pelaksanaan vaksinasi untuk asosiasi ini dijadwalkan pada 7-12 Juni 2021 di area The Kasablanka, Lantai 3 Kota Kasablanka, dimulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Kadin menargetkan vaksinasi mencapai 2.000 orang per harinya.

Selain diikuti oleh peserta dari pengurus dan anggota asosiasi serta UMKM, vaksinasi di Kokas juga paralel diikuti oleh lansia yang sudah terdata sebelumnya di pemerintah.

Direktur Kota Kasablanka Lusiana menyatakan pihaknya mengapresiasi atas adanya program vaksinasi bagi asosiasi dan menyatakan kesiapannya untuk membuka pintu menjadi sentra vaksinasi.

Menurut dia, hingga Mei 2021, Kota Kasablanka telah tiga kali menjadi sentra vaksinasi bagi lebih dari 12.500 peserta yang terdiri dari lansia, UMKM dan pelayan publik. Hal ini tentu akan terus dilakukan agar distribusi vaksin dapat sampai ke masyarakat secara merata.

ANTARA

Berita Terbaru