Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Berusaha Maksimal Menjadi Bagian dari Solusi Pelestarian Lingkungan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 09 Juni 2021 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Corporate Communications Manager PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS, Andre Taufan Pratama mengatakan bahwa SSMS berupaya semaksimal mungkin menjadi bagian dari solusi dalam pelestarian lingkungan, bukan sebaliknya menjadi bagian dari masalah lingkungan.

Andre menyebutkan program kemitraan ini bagian dari Remediation & Compensation Program (RaCP) Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang telah disetujui.

Dalam implementasinya, SSMS menyediakan lahan hutan sebagai bentuk kompensasi yang dipersyaratkan RSPO.

"Pulau Salat memiliki daya dukung ideal berupa kawasan hutan alam dan hutan terisolasi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng. Luasnya mencapai 1.437,7 hektare sesuai izin lokasi PT SSMS dari total luasan izin ± 2.400 Ha (ditambah izin lokasi BOSF seluas 800 Ha)," kata Andre dalam rilis pada Rabu, 9 Juni 2021.

Andre mencatat total Orangutan yang pernah mendiami Pulau Salat sebanyak 93 individu. Sementara itu sebelumnya, Owner PT SSMS, Abdul Rasyid pada setiap kesempatan selalu mengingatkan agar sebagai pengusaha, tidak sekadar mengejar keuntungan.

Pengusaha harus tetap mengedepankan berbuat baik terhadap sesama, dan memastikan alam sekitarnya tetap terpelihara.

"Sebagai pengusaha yang berasal dari Kalimantan Tengah, Saya berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di daerah tempat kelahiran saya ini,” katanya.

Komitmennya ini dibuktikan owner SSMS dengan keseriusan dalam mengembangkan dan mengelola kawasan Pulau Salat sebagai wilayah konservasi.

Pihak perseroan menggandeng BOSF sebagai mitra dalam mengelola area seluas kurang lebih 2.000 hektare itu, untuk pra pelepasliaran individu orangutan.

"Saya mengajak para pengusaha lain terlibat dalam aktivitas memelihara lingkungan beserta makhluk hidup di dalamnya. Ini agar dapat menjadi warisan anak-cucu," ajaknya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru