Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Bahas Pembangunan Kualitas Pertanian Bersama Distankep

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Juni 2021 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPRD Barito Timur membahas pembangunan kualitas pertanian dalam rapat kerja bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau Distankep, Rabu 9 Juni 2021.

Rapat dipimpin Wakil Ketua II DPRD Barito Timur, Depe, dan diikuti oleh anggota DPRD, Asisten Sekda serta Kepala Distankep beserta jajaran.

Depe menerangkan dalam rapat ini pihaknya meminta agar dia distankep memiliki grand desain atau rancangan induk maupun peta yang memudahkan untuk mengetahui letak kawasan persawahan, perkebunan maupun kawasan perikanan.

"Yang kedua permasalahan PPL (penyuluh pertanian lapangan), yaitu PPL harus dibekali dengan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia," ujar Depe di gedung DPRD, Tamiang Layang.

Secara kelembagaan, Depe sepakat untuk meningkatkan kualitas pembangunan pertanian di Barito Timur, terutama untuk mendukung persiapan menjadi penyangga logistik pangan ibu kota negara.

Kepala Distankep Barito Timur, Trikorianto menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian dan pendampingan yang dilakukan oleh DPRD demi meningkatkan motivasi serta kinerja PPL.

"Kedepan akan diupayakan untuk peningkatan disiplin penyuluh dalam kegiatan rutin maupun pendampingan petani di kelompok, termasuk sinergitas penyuluh dengan pemerintah desa dalam hal pembangunan pertanian," kata Trikorianto.

Menurutnya, selaras dengan keinginan DPRD, Bupati Barito Timur juga memberikan perhatian terkait penyediaan fasilitas kendaraan operasional yang memadai maupun kesejahteraan bagi PPL.

"Kita menyadari bahwa APBD kita juga sangat terbatas, jadi terkait fasilitas kendaraan, distankep akan melakukan inventarisasi kendaraan dinas roda dua yang rusak maupun yang penggunaannya tidak sesuai peruntukan agar diperbaiki dan digunakan penyuluh," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru