Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rem Blong Diduga Penyebab Tabrakan Truk dengan Motor di Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Juni 2021 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penyebab kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang menelan korban jiwa di simpang Jalan Iskandar dan Jalan Utama Pasir Panjang tepatnya depan Hypermart Citimall Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat pada Selasa, 8 Juni 2021 kemarin, diduga akibat rem truk tidak berfungsi atau blong.

Hal tersebut diakui oleh Pramohon, kernet truk roda 6 bernopol H 1606 MY, bahwa sebelum kecelakaan terjadi, truk mengalami gangguan pada fungsi rem. Rencananya, baru akan diperbaiki di Pangkalan Bun.

"Rem memang ada masalah, karena kita ini baru melakukan perjalanan dari Kalimantan Barat. Rencananya, rem baru akan diperbaiki saat sampai di Pangkalan Bun," kata Pramohon saat dikonfirmasi di kantor Satlantas Polres Kobar pada Rabu, 9 Juni 2021.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kobar AKP Feriza Winanda Lubis melalui Kanit Gakkum Agus Susanto menyampaikan bahwa kasus laka lantas yang menyebabkan korban meninggal dunia saat ini tengah ditangani pihaknya. Untuk pengemudi truk beserta truknya, telah diamankan di kantor Satlantas.

"Sejumlah saksi- saksi baik orang yang ada di TKP, kemudian penumpang truk, sudah kita mintai keterangan. Rekaman juga sudah kita dapat. Saat ini, supir truk sudah kita amankan untuk diproses lebih lanjut," ucapnya.

Terkait kronologis kejadian, dia menjelaskan, bermula saat kendaraan roda enam berasal dari arah Bundaran Pancasila menuju Auri. Kemudian, di simpang tiga depan Hypermart Citimall Pangkalan Bun berbelok ke arah kanan menuju Jalan Utama Pasir Panjang arah Kumai.

Sedangkan pengendara motor Scoopy yang dikendarai Muhammad meluncur dari Auri menuju arah Bundaran Pancasila dan di simpang tiga tersebut terjadilah tabrakan. Dalam insiden itu, motor mengenai kendaraan truk sebelah kanan bagian depan.

"Akibat benturan yang cukup keras, pengemudi motor terpental dan alami luka serius. Kemudian dilarikan ke rumah sakit Citra Husada. Setelah sampai rumah sakit, pengemudi motor dinyatakan telah meninggal dunia," tuturnya.

Sekadar mengingatkan, kecelakaan lalu lintas itu terjadi pada Selasa, 8 Juni 2021 sekitar pukul 14.00 WIB. Yakni melibatkan truk roda 6 dengan Nopol H 1606 MW yang dikemudikan Faisal Muhammad dengan motor Scoopy Nopol KH 4262 WM dikendarai oleh Muhammad. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru