Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalisasi Produksi Perikanan Tangkap Melalui Penguatan Pelabuhan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Juni 2021 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) terus mengoptimalkan produksi sektor perikanan.

Khusus untuk perikanan tangkap, pemerintah melakukan penguatan pada sektor pelabuhan perikanan di berbagai kabupaten.

“Perikanan tangkap kami suport melalui melalui optimalisasi pelabuhan perikanan,” kata Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah, Kamis, 10 Juni 2021.

Data Dislutkan menunjukan ada beberapa kali rehab dan pembangunan yang dilakukan di beberapa wilayah. Salah satunya seperti di Kumai Kotawaringin Barat selama 2017 sampai 2019 dilakukan penguatan dengan anggaran Rp31 miliar lebih dengan luasan 2.426,79 meter persegi.

Beberapa fasilitas yang disediakan di sana berupa tempat bongkar muat, Cold Storage, Pabrik Es, TPI, bengkel docking kapal, BBM (SPDN), Kios.

Kawasan tersebut dimanfaatkan nelayan dan masyarakat untuk melakukan bongkar muat, docking, pusat informasi, BBM Subsidi, sampai tempat transaksi jual beli.

Selain itu juga memberikan manfaat untuk daerah melalui retribusi (PAD) dan pelayanan Pemprov kepada pelaku usaha perikanan terutama nelayan.

Produksi ikan yang didaratkan di pelabuhan perikanan tersebut rata rata mencapai 51 ton lebih per bulan. Mulai dari jenis ikan Kembung, Kakap, Belanak, Teggiri, Bawal, Senangin, Udang, Telang, Tongkol, Bawal, Pari, dan Otek.  (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru