Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Germas Penting Ciptakan Kesehatan Masyarakat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Juni 2021 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) memiliki peranan penting untuk menciptakan kesehatan di masyarakat.

“Kebijakan Germas menjadi salah satu regulasi yang berperan penting dalam mendukung tercapainya tujuan kesehatan masyarakat dan lingkungan di daerah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Ferry Iriawan.

Dia menilai koordinasi dan advokasi lintas program/lintas sektor dalam Tim Pembina Germas tingkat provinsi berperan dalam mendukung penyediaan pangan sehat dan peningkatan kualitas lingkungan.

Menurutnya untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat luas dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kebijakan atau regulasi dengan tujuan dapat diimplementasikan oleh masyarakat.

“Memudahkan pemantauan dan evaluasi oleh lintas program/sektor, agar tujuan kebijakan tercapai sesuai harapan,” tuturnya.

Dia menilai pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang diselenggarakan berdasarkan perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata.

 Termasuk juga memberikan perhatian khusus pada penduduk rentan, antara lain ibu, bayi, anak, manusia usia lanjut (manula), dan keluarga miskin. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru