Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Tani Untuk Antisipasi Permainan Harga di Pasaran

  • Oleh Hendri
  • 11 Juni 2021 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kebijakan Pemko Palangka Raya menyediakan pasar tani punya banyak tujuan. Salah satunya mengantisipasi permainan harga di pasaran.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Renson mengungkapkan para petani lokal sering kali terkendala dengan permainan harga pasar.

Hal itu menyebabkan hasil panen tidak bisa dipasarkan secara maksimal. Jika dipaksakan dijual dengan harga murah, maka petani tentu mengalami kerugian karena tidak sebanding dengan biaya produksi.

"Semoga dengan adanya pasar tani ini para petani lokal kita punya akses pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk unggulannya kepada konsumen," katanya, Jumat 11 Juni 2021.

Para petani yang tergabung merupakan petani holtikultura seperti buah dan sayuran. Komoditas pertanian ini dinilai lebih rentan karena produknya cepat rusak dan harus dikonsumsi lebih cepat setelah panen.

"Pasar tani merupakan gabungan dari kelompok tani dengan harapan bisa memutus mata rantai penjualan," tutupnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru